Pembuatan Nampan Bagi UMKM Kopi Tugu Juang oleh KKN UNDIP

Pemalang, haluanpublik.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Inisiasi Mahasiswa Universitas Diponegoro yang berlangsung dari tanggal 1 Juli – 11 Agustus 2023 dengan tema “Optimalisasi Pengolahan Kopi di Desa Pulosari sebagai Upaya Pengembangan Produk Unggulan Masyarakat”, Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari,Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

KKN Ini berlangung selama 42 hari yang dilakukan oleh 16 Mahasiswa Universitas Diponegoro dengan 4 Fakultas yang berbeda. KKN-Tematik ini berfokus pada UMKM Kopi Tugu Juang yang berada di desa Pulosari, hal itu disampaikan Sulthan Daffa Athallah anggota tim KKN Undip yang bertugas di desa Pulosari.

Dalam tambahan keterangannya Sulthan Daffa Athallah menyampaikan bahwa Pada Hari Sabtu (29/07/2023) melalui program monodisiplinnya, “Pembuatan Nampan Kayu Bagi UMKM Kopi Tugu Juang”, mahasiswa KKN didampingi oleh pemilik UMKM Kopi Cap Tugu Juang yaitu Wasito Al-Hasan mengembangkan sebuah alat bantu dan juga memperbarui alat bantu yang sudah ada yaitu nampan kayu
Alasan dibuatnya alat bantu berupa nampan kayu ini dikarenakan, dibutuhkannya alat bantu berupa nampan lebih banyak dan juga memperbarui nampan kayu yang sudah usang yang berada pada UMKM. Dengan saran dari pemilik UMK Kopi Cap Tugu Juang yaitu Wasito AL-Hasan tentang jumlah yang dibutuhkan dan bahan kayu yang baik secara kualitas maupun estetika.

Proses pembuatan nampan kayu bagi UMKM Kopi Cap Tugu Juang ini diawali dengan membeli bahan yang berupa kayu mahoni. Setelah Pembelian bahan ini lalu bahan-bahan kayu yang ada di design oleh mahasiswa lalu diberikan kepada ahli kayu agar ukuran dan design bisa mendapatkan yang terbaik. Lalu design juga sebuah logo KKN-T Tematik Pulosari UNDIP 2023 agar menjadi logo yang tertera di nampan. Setelah mendapatkan design yang terbaik lalu kayu dibuat grafir sebuah logo yang menandakan kerjasama antara Tim 2 KKN-Tematik Pulosari UNDIP 2023 dan UMKM Kopi Cap Tugu Juang, tutup Sulthan Daffa Athallah. Senin (21/08/2023).

BACA JUGA :   Dukung Festival Ciliwung, Gerbang Biru Ciliwung Pertamina Untuk Kembangkan Ekosistem Sungai

Dosen Pembimbing Dr. Heni Rizqiati S.Pt., M.Si. dalam konfirmasi Kunjungan kepada tim KKN di desa Pulosari juga menyampaikan bahwa dengan adanya Nampan kayu yang baru pada UMKM kopi Cap Tugu Juang ini diharapkan mampu membantu pekerjaan pemilik dan karyawan UMKM yang sering membawa dan menyajikan kopi bagi pengunjung dengan aman dan meningkatkan estetika sehingga menaikkan nilai jual harga kopi tersebut, pungkas Heni Rizqiati. (Eko B Art)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *