Pelatihan Mengenai Desain Kemasan Untuk UMKM Mandiri Jaya Pada Produk Basreng

Pemalang, haluanpublik.com – Mandiri Jaya merupakan salah satu UMKM yang memproduksi dan menjual berbagai macam makanan olahan laut seperti kerupuk ikan, basreng dan udang goreng crispy.
UMKM Mandiri Jaya, usaha ini berdiri pada tahun 2012 dan mulai dikenal banyak orang sejak tahun 2018.
Pembuatan basreng dilakukan di rumah produksi yang berada di Jl. Tawes RT 02/RW 02 Kelurahan Sugihwaras.
Namun, terdapat beberapa masalah yang membuat UMKM Mandiri Jaya kurang mendapatkan branding yaitu pada produk basreng yang belum mempunyai desain kemasan yang menarik, dan eyecatching.

“Menurut saya desain kemasan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam hal penjualan dan pemasaran, desain kemasan akan menjadikan branding suatu produk tersebut dan dengan adanya kemasan yang menarik tentu saja akan menarik perhatian konsumen untuk membeli suatu produk tersebut, makanya kami dari tim KKN Tematik Kelurahan Sugihwaras terkhusus saya akan membantu UMKM Mandiri Jaya dalam hal design kemasan sebagai bentuk branding produk” hal tetsebut disampaikan Saratri Sarsintorini selaku mahasiswa KKN Tematik Undip yang melakukan tugas pengabdiannya di UMKM Mandiri Jaya. Kamis (10/08/2023).

Tentunya dengan adanya pembuatan desain kemasan memang akan memberikan kesan-kesan baik untuk konsumen yang akan membeli produk ini, beberapa diantaranya yakni menciptakan daya tarik visual, dan memberikan info details dalam kemasan seperti produk yang telah halal, komposisi, dan rasa yang akan disajikan, ujar Saratri Sarsintorini.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Fahmi Arifan, ST, M.Eng selaku Dosen pembimbing menyampaikan dukungan baik nya tentang program ini “saya mendukung adanya kegiatan ini, membantu UMKM Mandiri Jaya dengan memberikan desain produk yang menarik, sebagai bentuk dari pemasaran basreng ini. Adanya kegiatan yang dilakukan tim KKN Tematik di Kelurahan Sugihwaras memang dibutuhkan oleh UMKM Mandiri Jaya karena memberikan dampak positive bagi UMKM Mandiri Jaya, tentu UMKM Mandiri Jaya jadi lebih mengenal pentingnya packaging yang menarik”
Memang benar dengan adanya pengabdian yang dilakukan KKN Tematik di Kelurahan Sugihwaras kepada UMKM Mandiri Jaya merupakan salah satu bentuk memajukan sektor UMKM di Kelurahan Sugihwaras, pungkas Fahmi Arifan.

BACA JUGA :   IBH Turun Langsung Distribusikan Bantuan Pangan Kota Kepada Warga

Selain itu, drh. Siti Susanti, Ph.D juga memberikan komentar tentang kegiatan yang dilakukan di UMKM Mandiri Jaya “Saya suka dengan ide kreatif Mbak Saratri dan Tim KKN Tematik Kelurahan Sugihwaras, memajukan sektor UMKM dengan memberikan design produk yang menarik dan informatif. Memang zaman sekarang packaging lebih terlihat menarik di mata konsumen jadi memang perlu adanya packaging yang menarik pada basreng Mandiri Jaya. Harapannya akan terjadi peningkatan penjualan setelah ini, karena mahasiswa dalam pembuatan desain produk dan packaging pasti telah menimbang banyak hal” terang Siti Susanti.

Tumirah selaku pemilik UMKM Mandiri Jaya juga menanggapi dengan baik adanya kegiatan positive ini “Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman KKN yang telah membantu usaha saya, apalagi dalam pembuatan produk dan pemasaran basreng ini. Allhamdulillah memang setelah diberikan desain kemasan basreng milik Mandiri Jaya menjadi banyak diminati dan menambah tingkat penjualan serta sesuai dengan target pasar saya” pungkas Tumirah. (Eko B Art).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *