Jangan di Buang, Limbah Ini Bisa Kita Buat Inovasi Loh!

Pemalang, haluanpublik.com – Ternyata ada limbah yang bisa dibuat Inovasi, limbah yang dimaksud adalah limbah minyak bekas pakai yang diubah menjadi lilin aroma terapi. Kok bisa?
Bisa dong! Ini merupakan salah satu program Mahasiswa Tim KKN-T Undip Kelurahan Beji 2023 dalam upaya memanfaatkan limbah organik demi menjaga lingkungan yang lebih baik. Program tersebut dilakukan di RW 05, Kelurahan Beji, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang pada tanggal 7 Agustus 2023.

Kok mau sih repot-repot buat lilin aroma terapi dari minyak bekas pakai? Harus mau dong! Karena dengan memanfaatkan minyak bekas termasuk sebagai bentuk kegiatan untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Emang kalo minyak bekas pakai kita langsung buang aja? Jangan guys! Itu berdampak banget buat lingkungan. Pertama minyak ini merupakan limbah yang mengandung beban organik yang cukup tinggi bagi lingkungan. Singkatnya jika di buang di sungai, bakteri akan bekerja lebih keras dan membutuhkan oksigen lebih untuk mengurai minyak tersebut dan akan berakibat kurangnya oksigen untuk makhluk hidup di dalam air dan berujung kematian biota-biota air. Kedua, jika kita membuang langsung ke tempat pencucian piring itu akan bisa membuat pipa tersumbat, mengerikan bukan?
Pada program ini, Mahasiswa Tim KKN-T Undip Kel. Beji 2023 melakukan demonstrasi pembuatan lilin aroma terapi dari minyak jelantah kepada warga Kelurahan Jatingaleh yang bertempat di RW 05. Demonstrasi diawali dengan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga dan pelaku UMKM Kelurahan Beji dan dilanjutkan dengan praktek langsung pembuatan lilin aroma terapi, hal itu disampaikan Handika Dwi Saputra Fakultas Teknik, Undip.

Dalam acara tersebut berlangsung dengan baik dan warga dan pelaku UMKM juga aktif dalam mengikuti demonstrasi tersebut dan juga diharapkan warga dan pelaku UMKM yang mengikuti dapat membuat juga di rumah masing-masing serta dapat mengajarkan warga yang lain. Sebagai penutup, Mahasiswa Tim KKN-T Undip 2023 di Kelurahan Beji, juga ingin mengajak pembaca juga lebih peduli dengan lingkungan sekitar seperti salah satunya bisa memanfaatkan minyak jelantah menjadi lilin aroma terapi. Terlebih lagi minyak saat ini sedang mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Jadi ayo manfaatkan limbahmu dan cintai lingkungan kita bersama! Ajak Handika Dwi Saputra, Sabtu (12/08/2023).

BACA JUGA :   Indra Gunawan: Sebagai Bentuk Keterbukaan Publik BPN Kota Depok Buka Akses Informasi Pertanahan Seluasnya

“Kami sangat mengapresiasi inovasi dari mahasiswa KKN-T Undip dalam memberikan sosialisasi dan demonstrasi mengenai pembuatan lilin aromaterapi ini, karena selama ini kami tidak tahu akan dikemanakan minyak jelantah ini. ” Tri Atmi, Pelaku UMKM di Kelurahan Beji.

Ir. R.TD Wisnu Broto. MT, selaku dosen pembimbing KKN-T juga menambahkan “Saya sangat bangga dengan inisiatif dan kerja keras para mahasiswa KKN-T dalam menyelenggarakan kegiatan sosialisasi demonstrasi pemanfaatan minyak jelantah menjadi inovasi lilin aromaterapi, dikarenakan banyak nya warga atau pelaku umkm yang masih terus menggunakan minyak jelantah itu berkali-kali atau membuangnya dengan sembarangan.” jelas Wisnu Broto.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Fahmi Arifan, S.T., M. Eng., selaku dosen pembimbing 1 KKN-T berkomentar “ Saya sangat bangga dengan program tersebut karena masyrakat dapat teredukasi akan dikemanakan sisa limbah minyak yang sudah terpakai” Pungkas Fahmi Arifan. (Eko B Art).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *