UPTD Metrologi Legal Kota Depok Sosialisasikan Pemakaian Timbangan Elektronik, Dorong Digitalisasi di Pasar Depok

Pengawasan dan penera UPTD Metrologi Legal Kota Depok sedang mengecek kesesuaian timbangan pedagang Pasar Agung, Kamis (20/06/2024).

Depok, haluanpublik.com – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Legal Kota Depok melakukan pengecekan atau tera ulang alat Ukur, Takar, Timbang, dan Peralatannya (UTTP) milik pedagang Pasar Agung, Kecamatan Sukmakjaya, Kamis (20/06/2024).

Kegiatan tera ulang yang diadakan mulai pukul 08.00 WIB-12.00 WIB ini mengecek puluhan timbangan elektronik. UPTD Metrologi Legal Kota Depok menurunkan 14 petugas penera dan pengawas.

“Sebagian besar timbangan para pedagang dalam kondisi baik dan masih pada batas toleransi ketentuannya,” ujar Kepala UPTD Metrologi Legal Kota Depok, Zaki Mubarok, usai kegiatan tersebut.

Dikatakannya, pengecekan alat UTTP pedagang pasar rutin dilakukan minimal setahun sekali. Tidak hanya di Pasar Agung, UTTP pedagang Pasar Sukatani dan Pasar Tugu juga sudah dicek.

“Sasaran kami mengecek UTTP semua pasar pemerintah dan swasta di Depok,” katanya.

Lanjut Zaki, disela-sela pengecekan petugas juga mensosialisasikan pemakaian timbangan elektronik kepada para pedagang yang masih menggunakan timbangan mekanik atau konvensional.

“Kami ingin seluruh pedagang menggunakan timbangan yang elektronik guna mendorong digitalisasi pasar di Kota Depok,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Pasar Agung, Raden Hermawan mengapresiasi kepatuhan para pedagangnya untuk rutin mengecek kesesuaian timbangan. Dengan begini, kenyamanan transaksi jual-beli pun akan tercipta.

“Kami senang dan apresiasi inisiatif pedagang, semoga antara pedagang dan pembeli tidak ada kesalahpahaman dalam transaksi, pengunjung pasar pun juga nyaman berbelanja di Pasar Agung,” pungkasnya. (Deni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *