UMKM Binaan PHR Semarakkan KNF Vol. 6 Pekanbaru, Upaya Dukung Geliat Ekonomi Riau

Pekanbaru, haluanpublik.com – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) ambil bagian dalam kegiatan Karya Nyata Festival (KNF) Vol. 6 by SMEXPO Pekanbaru. Kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian di Riau, khususnya Pekanbaru melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

PHR tampil dalam KNF yang dilaksanakan di Lapangan Aero Sport, Kota Pekanbaru pada tanggal 26-28 April 2024, dengan menghadirkan 5 UMKM unggulan binaan PHR, yakni Bank Sampah Ibnu Al Mubarok, Andy’s Ice Cream, Usaha Icik Meri (Takoyaki JanMur), Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) F&B dan Tambul Lomak.

“Ini merupakan komitmen dari PHR untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau. Kami hadirkan beberapa UMKM unggulan binaan PHR di Karya Nyata Festival ini, sebagai contoh kegiatan penggerak ekonomi yang bisa berkembang. Selain itu, kegiatan ini seperti yang disampaikan Pemprov Riau, sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka mengurangi pengangguran,” kata Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto.

Dalam KNF Vol. 6 Pekanbaru ini, juga menghadirkan kegiatan di antaranya, Business Matching, Dialog Bisnis dan Lomba Kreatif berhadiah jutaan rupiah. Momen ini dimanfaatkan PHR dengan menghadirkan para perwira (pekerja Pertamina) untuk menjadi pembicara dan berdiskusi dalam program Dialog Bisnis terkait pemasaran (marketing) dan entrepreneurship (dunia usaha), di antaranya Field Engineer AI Piping and Pipe Lines Hardianto, Facilities Rep Asset Rtrmn Cons Sukron Makmun, Jr Engineer Petroleum Bangko Balam Imron Sutiono dan Jr Engineer D&C Engineering Light Oil Lisa Meifresia.

“Para Perwira PHR ini berbagi ilmu dan pengalaman dalam dunia pemasaran dan dunia usaha kepada para pengunjung dan peserta KNF, tentu dengan tujuan bisa menjadi masukan khususnya untuk UMKM yang hadir dalam mengembangkan usaha dan karyanya,” kata Rudi.

Rudi mengatakan, program binaan UMKM PHR merupakan salah satu bagian pilar pemberdayaan ekonomi PHR yang fokus pada peningkatan pendapatan masyarakat. Bentuk pembinaan yang dilakukan yakni dengan memberikan bantuan peralatan pendukung, peningkatan kualitas SDM UMKM binaan, serta pemasaran produk hasil UMKM binaan. “Dengan dukungan tersebut, diharapkan UMKM binaan PHR bisa semakin berkembang dan mencapai target UMKM naik kelas,” katanya.

BACA JUGA :   Ketua DPRD Kabupaten Bogor dapat Golden Award dari IWO Indonesia Kategori Pejabat Pemerintahan

Penutupan kegiatan KNF Vol.6 Pekanbaru ini ditandai dengan peresmian Rumah BUMN Pekanbaru yang merupakan bentuk komitmen Kementerian BUMN untuk memberdayakan UMKM lokal agar terus bertumbuh dan naik kelas.

Agenda peresmian Rumah BUMN Pekanbaru ini juga dibarengi dengan launching Cofee Shop Kabar Baik, sebagai pemberdayaan tenaga lokal daerah. Turut menghadiri acara ini, perwakilan dari Kementerian BUMN yakni Asisten Deputi SDM & TI Kementerian BUMN bidang TJSL Edi Eko Cahyono, VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman, Direktur Eksekutif forum TJSL BUMN I Gede Arimbawa, Kepala Bappeda Riau Emri Juliharnis, serta perwakilan Dinas UMKM & Koperasi, Kadin Kota Pekanbaru, serta CEO/CFO Muda Rumah BUMN Se-Indonesia.

Rumah BUMN Pekanbaru dikelola oleh PT Pertamina (Persero) dan menaungi 3.200 UMKM lokal di Riau dan telah secara rutin melakukan pelatihan sebanyak 120 kali untuk memfasilitasi UMKM di Riau agar naik kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *