Tim KKN Tematik UNDIP Upayakan Peningkatan Minat Sekolah pada Anak Tidak Sekolah (ATS) dalam Rangka Peningkatan Angka IPM di Kelurahan Sugihwaras

Pemalang, haluanpublik.com – Tim KKN Mahasiswa UNDIP turut serta untuk melakukan pendampingan dan edukasi berkelanjutan terhadap Anak Tidak Sekolah yang khususnya berada di Kelurahan Sugihwaras kecamatan Pemalang kabupaten Pemalang sebagai bentuk tindak lanjut permintaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang terkait upaya untuk mengembalikan puluhan Anak Tidak Sekolah (ATS) ke jalur pendidikan dengan mengirimkannya ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Anak Tidak Sekolah (ATS) biasanya dikategorikan menjadi 3 (tiga), yaitu anak yang putus sekolah, tidak melanjutkan sekolah, dan belum pernah sekolah sama sekali. Rentang usia dan latar belakang mereka pun beragam.
“Kelurahan Sugihwaras merupakan kampung nelayan karena mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. Faktanya, dapat dihitung mindset anak SMA di sini, kebanyakan dari mereka habis SMP tidak mau lanjut sekolah karena ketika sudah melihat orangtuanya melaut atau miang lebih menghasilkan uang” Kata Sigit Pamungkas mantan Kepala Seksi Bidang Ekonomi Pembangunan Sosial Kelurahan Sugihwaras.

Ditambahkan oleh Sigit Pamungkas, bahwa Program peningkatan motivasi belajar dilakukan atas dasar pemintaan kelurahan terhadap peningkatan minat belajar masyarakat Kelurahan Sugihwaras.
Program ini juga bekerjasama dengan PKBM Agung Nugraha, yang dimana PKBM atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat merupakan salah satu satuan pendidikan nonformal. Program-program yang diselenggarakan di PKBM dapat sangat beragam, seperti pendidikan Kesetaraan (A,B dan C), Pendidikan Keaksaraan, Pendidikan Kewarganegaraan, Kerumahtanggaan, dan lain-lainnya, tandas Sigit Pamungkas.

Selanjutnya tim KKN Undip bersama dosen Pembimbing berkoordinasi dengan PKBM Agung Nugraha.
“Melihat jumlah Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kelurahan Sugihwaras yang mencapai 100 anak, kegiatan ini sangat relevan untuk dilakukan. Ide pelaksanaan kegiatan lebih dari satu rangkaian termasuk perencanaan yang bagus. Hal ini berbanding lurus dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemalang yang sedang fokus dalam peningkatan angka IPM di Kabupaten Pemalang” ucap drh. Siti Susanti, Ph.D.

“Dari judul kegiatannya sudah bagus, tinggal eksekusi saja. Jika kelurahan memang membutuhkan, silakan dilaksanakan saja. Output berupa jumlah data rekonfirmasi Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kelurahan Sugihwaras juga penting” ucap Dr. Fahmi Arifan, S.T., M.Eng.
Adapun rangkaian pertama dilakukan pada tanggal 14 Juli 2023 dengan pembahasan tentang “Aku Ingin Menjadi Apa?”. Pada rangkaian ini tidak difokuskan pada fakultas tertentu, tetapi pembahasannya hanya secara umum mengenai cita-cita mereka di masa mendatang. Pelaksanaannya pun dilakukan dengan membagi anak-anak ATS yang ada menjadi 2 (dua) kelompok belajar. Kemudian setiap kelompok belajar tersebut didampingi oleh 2-3 orang mahasiswa KKN Tematik UNDIP dari berbagai jurusan, jelas Fahmi Arifan.

Kemudian dilanjut dengan rangkaian kedua yang dilakukan pada tanggal 21 Juli 2023. Adapun pembahasan pada rangkaian kedua, yaitu mengenai “Sanitasi dan Pengenalan Perbedaan Ikan Tuna, Tongkol, Cakalang”. Pada rangkaian ini mulai difokuskan pada bidang ilmu dari 2 (dua) fakultas berbeda. Pembahasan “Sanitasi” dilakukan oleh 3 (tiga) orang mahasiswi Fakultas Kedokteran dan pembahasan tentang “Pengenalan Perbedaan Ikan Tuna, Tongkol, Cakalang” dilakukan oleh 2 (dua) orang mahasiswa/i dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.
Pelaksanaan pada rangkaian ini dilakukan dengan cara yang sama seperti rangkaian pertama.

BACA JUGA :   IBH Turun Langsung Distribusikan Bantuan Pangan Kota Kepada Warga

Dan Rangkaian kegiatan terakhir dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2023 dengan pembahasan “Gemar Menabung dan Pilah Sampah”. Pada rangkaian ini dilakukan pemfokusan kepada 3 (tiga) fakultas yang berbeda. Pembahasan mengenai “Gemar Menabung” dibawakan oleh 3 (tiga) orang mahasiswa/i dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Sekolah Vokasi. Kemudian pembahasan mengenai “Pilah Sampah” dibawakan oleh satu orang mahasiswa dari Fakultas Teknik. Pelaksanaan dari rangkaian terakhir ini pun dilakukan dengan cara yang sama.
Antusiasme Anak Tidak Sekolah (ATS) dalam menghadiri kegiatan tersebut memang antusias, terlihat dari jumlah kehadiran setiap minggunya. Dimana jumlah kehadiran pada rangkaian pertama sebanyak 17 anak. Pada rangkaian kedua sebanyak 16 anak. Kemudian pada rangkaian terakhir mengalami peningkatan kehadiran, yaitu sebanyak 18 anak, ungkap Panca Prasetio Aprilianto, FISIP, Ilmu Pemerintahan selaku Koordinator tim KKNT.

“Saya pribadi senang kakak-kakak dari Undip mengadakan kegiatan seperti ini. Saya jadi punya teman main karena biasanya saya main sendirian. Kalau ada kakak-kakak Undip jadi ramai” ucap Isma, salah satu Anak Tidak Sekolah (ATS) yang hadir dalam kegiatan.

Aristya Eka selaku Ketua Penyelenggara PKBM Agung Nugraha juga turut menyampaikan “Kami berharap adik-adik dari tim KKN Undip dapat bekerjasama dengan kami dalam pengentasan tingginya jumlah Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kelurahan Sugihwaras ini. Kami tidak memaksakan anak-anak tersebut harus mendaftar dan bersekolah di tempat kami, yang penting adik-adik bisa membantu kami dalam peningkatan motivasi belajar mereka saja ” ujar Aristya Eka.

Dari data terlampir mahasiswa KKN Tematik Kelurahan Sugihwaras ada sebanyak 12 Mahasiswa.
1. Panca Prasetio Aprilianto, FISIP, Ilmu Pemerintahan, Koordes.
2. Muhamad Bagus Aji Pratama, FPIK, Perikanan Tangkap, Wakoordes.
3. Karina Cindy Riantri, SV, Akuntansi Perpajakan, Sekretaris.
4. Saratri Sarsintorini, FISIP, Administrasi Bisnis, Bendahara.
5. Adelia Dadyo Fatikhatul K, FK, Kedokteran, Sie Humas.
6. Hayigha Atba’ Sya’nana, FK, Kedokteran, Sie Humas.
7.Fadiyah Sefia Nafiza, FEB, Manajemen, Sie PDD.
8. Nurma Sania Fakhira, FK, Kedokteran, Sie PDD.
9. Gharin Firkirani, FH, Hukum, Sie Konsumsi.
10. Yessica Vita Br Tarigan, FPIK, Perikanan Tangkap, Sie Gelar Karya.
11. Yohanes Calvin, FT, Teknik Lingkungan, Sie Gelar Karya.
12. Rokh Yanuarrizky Hanindaputra, FEB, Manajemen, Sie Logistik.
Dosen Pembimbing : Dr. Fahmi Arifan, S.T., M.Eng dan drh. Siti Susanti, Ph.D. (Eko B Art).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *