PERCASI Kota Depok Tunaikan Janji di Kejurda Jawa Barat 2024

Depok, haluanpublik.com – Hasil tak akan mengkhianati perjuangan. Itulah kira-kira gambaran yang tepat untuk para atlet junior catur Kota Depok, di ajang kejuaraan daerah (Kejurda) olahraga catur se-provinsi Jawa Barat (Jabar) yang diselenggarakan di hotel Tirta Kencana, Tarogong Kaler, Kota Garut (26-30 Mei 2024), dimana atlet yang dinaungi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) kota Depok ini berhasil mencapai target yang dicanangkan, yakni menembus tiga besar kekuatan olahraga catur di provinsi Jawa Barat (Jabar).

Dengan meraup dua emas, dua perak, dan dua perunggu, kontingen kota Depok, berhasil memperbaiki peringkat dari tahun lalu yang finis di peringkat lima. Tentu saja, keberhasilan ini disambut gembira oleh seluruh kontingen yang dikomandani oleh Andriyanto Eko Ariwibowo, sebagai Wakil Ketua II Percasi kota Depok yang didaulat menjadi Ketua Kontingen kota Depok.

“Ini semua berkat kerja keras dari tim, seluruh elemen catur di kota Depok yang sudah sangat membantu, baik pengurus, atlet, orang tua atlet, para senior, klub, dan semua pihak yang telah mendukung perjuangan atlet kami di ajang kejurda ini,” ujar Andri sapaan karibnya sumringah.

Tak lupa, Andri mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kontingen yang dipimpinnya ini. “Mewakili seluruh tim, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen ekosistem percaturan di Depok, sehingga target kita terpenuhi,” katanya lagi.

Ajang Kejurda yang dihelat di hotel tirta kencana, tarogong Kaler, Garut pada tahun 2024 ini, memang menjadi ajang prestisius bagi para pengurus daerah (pengda) Percasi di Jabar, dengan menurunkan atlet-atlet tangguh yang terpilih, dan dengan melalui persiapan yang serius dan memakan waktu yang lumayan lama.

Terbukti, sebaran medali juga bisa dikatakan merata, dengan menyediakan 14 medali emas yang berhasil disabet oleh beberapa pengda Percasi di seluruh provinsi Jabar. Itu artinya, peta kekuatan olahraga catur di propinsi ini juga bisa dikatakan merata. Tak ada yang dominan, semuanya punya potensi untuk meraih prestasi yang tertinggi.

Hampir seluruh Pengda yang terjun di ajang ini, sangat serius mempersiapkan atletnya, dengan pendidikan dan pelatihan yang ditangani oleh para pelatih yang punya kompetensi dan berpengalaman.

Sebut saja seperti Kota Depok ini, yang menerjunkan 36 atlet juniornya di hampir semua kategori. Keseriusan dalam menghadapi ajang ini beroleh hasil, dengan target yang telah mereka capai.

Adapun perhelatan tahun 2024 ini di ikuti oleh 236 atlet berusia 6-19 tahun yang dibagi dalam 14 kategori, junior putera (Junpa) sebanyak tujuh kategori, dan Junior Puteri juga sebanyak tujuh kategori yang dibagi dalam kelompok umur (KU) dari usia KU <tujuh tahun sampai remaja <19 tahun, yang di-ikuti oleh 25 kabupaten/kota se-jawa barat.

Seperti diakui oleh Andriyanto, ia mengakui, tingkat persaingan di provinsi Jabar di olahraga catur ini sangat keras. Karenanya, persiapan panjang guna menghadapi ajang ini dilakukan oleh kontingen yang dipimpinnya, semata-mata dilakukan untuk pencapaian hasil dan target yang dibidiknya, untuk memperbaiki rangking dan menghasilkan atlet-atlet catur yang berkualitas di masa depan.

“Pada akhirnya, dengan tingkat persaingan yang tinggi di provinsi Jabar ini, tapi kita lihat dengan perjuangan anak-anak kita yang luar biasa hebat, berjuang sampai detik terakhir, tanpa ada satupun yang menyerah, dan tak ada satupun yang melewatkan kesempatan ini dengan sia-sia, semuanya telah bekerja keras dengan semangat, dan akhirnya target kita tercapai” terangnya bangga.

Andri meyakini, ajang Kejurda yang tahun ini fokus kepada pembinaan dan prestasi atlet Junior paralel dengan visi dan misi yang telah dilakukan oleh Pengda Percasi Kota Depok. “hasil dari ajang Kejurda ini adalah bekal yang sangat baik bagi pembinaan atlet-atlet kita ke depan, karena kita bisa melihat hasil dari pembinaan dan pelatihan yang telah kita lakukan, serta untuk mempersiapkan pertandingan atau event-event selanjutnya dengan persiapan yang lebih baik, jadi lebih berprestasi,” harapnya.

Senada dengan Andri, MN. M. Riza yang mengepalai tim kepelatihan kontingen junior kota Depok menyatakan bahwa sebagai barometer olahraga catur di tingkat nasional, provinsi Jabar adalah pemasok atlet bagi olahraga catur ini di tingkat nasional. Persaingan antara kota/kabupaten di provinsi ini sangat sengit, sehingga menembus tiga besar se-jabar adalah target yang realistis, mengingat peta kekuatan yang nyaris merata.

“Tujuan awal kita adalah menjadi barometer pembinaan dan prestasi di provinsi Jabar ini, dan kita berupaya menjadi pemasok bibit-bibit muda pecatur di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional,” urai atlet yang pernah mempersembahkan medali emas di ajang serupa untuk nomor beregu putera di tahun 2010 silam.

Untuk tahun depan, Riza akan mempersiapkan para atletnya dengan lebih baik lagi, dengan metoda kepelatihan yang lebih inovatif dan ditangani oleh para pelatih yang punya kapasitas dan kompetensi dibidangnya, baik tekhnis maupun non tekhnis.

Apa yang disampaikan oleh kepala pelatih tim Junior ini di aminkan oleh Yundi Dwiguna, yang menjabat sebagai Sekjen Percasi kota Depok. Ia menyatakan, bahwa pelatihan yang diterapkan oleh para pelatih junior di ajang ini membuahkan hasil. Hasil Kejurda ini telah menunjukan hasil yang sangat baik, dan ke depannya pendidikan dan pelatihan ini akan terus dikembangkan lagi,” ujar Yundi bersemangat.

Itu artinya, sambung Yundi, “pembinaan atlet junior itu menunjukan hasil yang menggembirakan, hasil dari keseriusan tim pelatihan yang menerapkan metoda tekhnis dan non tekhnis yang akan terus dikembangkan,” pungkasnya.

Adapun hasil akhir dari kejurda ini menempatkan Kota Bandung yang merebut gelar juara umum pada tahun 2024 ini dengan raihan 4 emas, 3 perak, dan 2 perunggu, menggusur kabupaten Bogor yang harus puas di tempat kedua dengan perolehan 2 emas, 6 perak, dan 3 perunggu. Sedangkan Kota Depok dengan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu di peringkat ketiga.

(Asliatama A.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *