Menguatkan Kontribusi Pekerja Wanita: Komitmen KPI dalam Keberlanjutan dan Kesetaraan Gender

Jakarta, haluanpublik.com – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menyadari peran penting pekerja wanita dalam perusahaan yang bergerak di bidang refining and petrochemical, serta sekaligus memperkuat komitmen terhadap prinsip-prinsip ESG.

Hari Kartini, yang diperingati setiap tahun pada tanggal 21 April, adalah momentum yang tepat untuk memperingati semangat perempuan hebat seperti Raden Ajeng Kartini, yang telah memberikan kontribusi besar dalam perjuangan kesetaraan gender dan pendidikan di Indonesia.

“Para pekerja wanita di KPI bukan hanya memegang peranan dalam operasional sehari-hari perusahaan, tetapi juga merupakan motor penggerak dalam mewujudkan komitmen KPI terhadap prinsip ESG,” kata Corporate Secretary KPI Hermansyah Y. Nasroen.

Dalam berbagai bidang, mulai dari manajemen hingga operasional, para pekerja wanita KPI telah menunjukkan dedikasi dan keunggulan dalam memajukan perusahaan ke arah yang lebih berkelanjutan.

Hermansyah, komitmen KPI terhadap keberlanjutan tercermin dalam berbagai inisiatif yang dijalankan oleh pekerja wanita. “Mulai dari program dekarbonisasi, pengelolaan lingkungan, hingga pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan. Mereka tidak hanya berperan sebagai penggerak produktivitas perusahaan, tetapi juga sebagai agen perubahan yang mendorong praktek bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar,” katanya lagi.

Dengan menguatkan peran pekerja wanita di KPI, Hermansyah meyakini bahwa keberagaman gender dalam perusahaan bukan hanya sebagai aspek sosial, tetapi juga sebagai strategi bisnis yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Saat ini di lingkungan KPI group tercatat sebanyak 471 pekerja wanita. KPI memberikan kesempatan yang sama bagi pekerja wanita untuk berkarir dan menduduki jabatan manajemen. Dari jumlah tersebut terdapat 32 pekerja wanita yang menduduki posisi di level manajemen atau lebih dari 11% dari jumlah pekerja level manajemen.

“Dukungan dan partisipasi para pekerja wanita dalam pengambilan keputusan perusahaan telah membawa dampak positif yang signifikan bagi kemajuan KPI sebagai perusahaan yang inklusif dan berkelanjutan,” ucapnya.

BACA JUGA :   Tahun 2023 Pertamina Gunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri Hingga Rp 374 Triliun

Melalui peringatan Hari Kartini tahun ini, KPI berkomitmen untuk terus menghargai, mendukung, dan memberdayakan pekerja wanita untuk terus berperan aktif dalam menciptakan perubahan positif bagi perusahaan, masyarakat, dan lingkungan sekitar.

“Dengan kerjasama dan kolaborasi yang kuat, kami optimis dapat terus bergerak menuju arah yang lebih baik dan berkelanjutan.
Kami mengucapkan selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia, terutama para pekerja wanita KPI, yang telah menjadi inspirasi bagi generasi saat ini dan masa depan. Mari terus bersama-sama memperjuangkan kesetaraan, keadilan, dan keberlanjutan untuk Indonesia yang lebih baik,” tutup Hermansyah.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) merupakan anak perusahaan Pertamina yang menjalankan bisnis utama pengolahan minyak dan petrokimia sesuai dengan prinsip ESG (Environment, Social & Governance). KPI juga telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) dan berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi operasional sebagai bagian dari penerapan aspek ESG. KPI akan terus menjalankan bisnisnya secara professional untuk mewujudkan visinya menjadi Perusahaan Kilang Minyak dan Petrokimia berkelas dunia yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial serta memiliki tata kelola perusahaan yang baik.

(Dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *