Lapas Kelas IIA Cibinong Rayakan Hari Raya Iduladha dengan Salat Berjamaah dan Penyembelihan Hewan Kurban

Cibinong, haluanpublik.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cibinong merayakan Hari Raya Iduladha dengan menggelar Salat Ied dan penyembelihan hewan kurban, senin (17/06/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga binaan dan pegawai Lapas, yang bertujuan untuk memperkuat keimanan, ketaqwaan, serta mempererat tali silaturahmi.

Salat Ied dilaksanakan di Masjid At-Taubah Lapas Cibinong dengan penuh khidmat. Petugas dan Warga Binaan mengikuti shalat dengan tertib, menunjukkan rasa syukur dan kebersamaan dalam perayaan hari besar ini. Bertindak sebagai imam dan khatib adalah Ustadz H. Muhyidin. Lc dari Pondok Pesantren Nurul Mustofa Kota Depok, yang dalam khutbahnya mengingatkan pentingnya keikhlasan dan pengorbanan dalam menjalankan ibadah kurban.

Setelah pelaksanaan Salat Ied, acara dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Tahun ini, Lapas Cibinong menerima sumbangan 22 ekor sapi, 2 ekor kerbau, 7 ekor kambing 6 ekor domba dari berbagai pihak, termasuk Pegawai Lapas Cibinong. Proses penyembelihan dilakukan dengan mengikuti prosedur syariat Islam yang ketat.

Kepala Lapas Cibinong, Wisnu Hani Putranto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan keagamaan yang rutin dilakukan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, warga binaan dapat merasakan kebahagiaan dan makna dari Iduladha. Ini juga menjadi momen untuk mempererat kebersamaan dan kepedulian sosial di lingkungan Lapas,” ujarnya.

Daging hasil penyembelihan hewan kurban kemudian dibagikan kepada warga binaan, stakeholder terkait, warga sekitar dan petugas Lapas Cibinong. Pembagian ini dilakukan secara merata dan adil, sehingga semua dapat merasakan berkah Idul Adha.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, Lapas Cibinong terus berupaya menciptakan lingkungan yang kondusif dan humanis bagi seluruh penghuni dan pegawainya, serta menanamkan nilai-nilai positif yang diharapkan dapat dibawa oleh warga binaan setelah kembali ke masyarakat nantinya. (Deni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *