Kilang Pertamina Internasional Cetak Rekor MURI di International Firefighters Day 2024

Jakarta, haluanpublik.com – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terus tancap gas tingkatkan prestasi HSSE Excellence-nya. Bertepatan dengan momentum International Firefighters Day, KPI berhasil mencetak rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) di bidang HSSE melalui kegiatan pemadaman kebakaran di lingkup rumah tangga secara serentak oleh petugas terbanyak di kancah nasional.

Tak kurang dari 1569 firefighters rumah tangga yang tersebar di seluruh Indonesia dikerahkan KPI untuk melakukan simulasi pemadaman kebakaran. Para firefighters tersebut berasal dari masyarakat yang tinggal di wilayah unit operasi KPI di antaranya Kilang Dumai, Kilang Plaju, Kilang Cilacap, Kilang Balikpapan, Kilang Balongan, Kilang Kasim, serta afiliasi KPI yakni PT Perto OXO Nusantara, PT Polytama, dan PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh jajaran Direksi KPI melalui dashboard monitoring Pusat Komando dan Pengendalian (PUSKODAL) Jakarta.

Corporate Secretary KPI, Hermansyah Y Nasroen, menekankan bahwa kegiatan ini dilaksanakan KPI dalam kegiatan International Firefighters Day dimana esensi kegiatannya lekat dengan komitmen KPI untuk terus memberikan literasi pencegahan dan penanggulangan keadaan darurat termasuk kebakaran.

“Kita ketahui bersama, masyarakat ini termasuk ke dalam kategori awam, bukan petugas pemadam kebakaran terlatih. Maka, kegiatan ini penting sekali untuk membekali masyarakat maupun keluarga pekerja dengan keterampilan apabila terjadi emergency kebakaran. Metodenya disebut dengan SMOTHERING, atau pemisahan udara dan bahan bakar, dengan handuk basah yang tersedia di rumah. Alhamdulillah, kegiatan hari ini berjalan lancar, bahkan dilakukan serentak dan dicatatkan sebagai rekor MURI,” jelas Hermansyah.

Hermansyah menegaskan kegiatan ini mendapatkan perhatian besar dari direksi KPI. “Hari ini para Direksi KPI antara lain Direktur Operasi, Direktur Proyek Infrastruktur dan Direktur Manajemen Resiko, mengikuti langsung prosesi firefighting di Pusat Komando dan Pengendalian (PUSKODAL) untuk memastikan kegiatan berjalan lancar,” imbuh Hermansyah.

Direktur Operasi KPI, Didik Bahagia yang hadir memberikan kata sambutan menuturkan bahwa Penerapan HSSE menjadi prioritas utama dalam setiap kegiatan KPI. Salah satu strategi dari perusahaan adalah menjadikan HSSE sebagai a way of life dan penerapan bulan Firefighters merupakan salah satu komitmen nyata dari strategi tersebut. Komitmen penuh dari seluruh jajaran KPI, dari jajaran direksi hingga pekerja merupakan upaya untuk tercapainya HSSE Excellence.

Kedepannya, diharapkan masyarakat dapat turut berperan proaktif menyebarkan edukasi yang telah diperoleh melalui program pemadaman kebakaran rumah tangga.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) merupakan anak perusahaan Pertamina yang menjalankan bisnis utama pengolahan minyak dan petrokimia sesuai dengan prinsip ESG (Environment, Social & Governance). KPI juga telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) dan berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi operasional sebagai bagian dari penerapan aspek ESG. KPI akan terus menjalankan bisnisnya secara professional untuk mewujudkan visinya menjadi Perusahaan Kilang Minyak dan Petrokimia berkelas dunia yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial serta memiliki tata Kelola perusahaan yang baik. (DP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *