Kelompok Relawan Berbasis Masyarakat Berkolaborasi dengan Kementerian Sosial

Pemalang, haluanpublik.com – Plt. Kepala Dinas Sosial, KBPP Hery Firmantio menyampaikan bahwa 8 program SDM PKH yaitu :
1. Program keluarga harapan.
2. Sembako.
3. BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).
4. Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA).
5. Assessment Yatim Piatu (YAPI).
6. Rumah Sejahtera Terpadu (RST).
7. Verifikasi Data Kesejahteraan Sosial.
8. Permasalahan Lansia dan Disabilitas.

Selanjutnya Hery Firmantio juga menjelaskan bahwa sebagai pengelola PKH memiliki nilai-nilai dasar yaitu SIP (Santun, Integritas dan Profesional).

Sebagai informasi penting bahwa kegiatan acara hari ini dihadiri oleh pendamping PKH yang sejumlah 225 dan TKSK 13 orang se – Kabupaten Pemalang.

“Dengan adanya kegiatan hari ini, Pengelola PKH diharapkan bisa memiliki nilai-nilai dasar yakni Santun, Integritas dan Profesional ujar Plt. Kepala Dinas Sosial, KBPP Hery Firmantio dalam acara Pemberdayaan Pilar-Pilar Sosial Kabupaten Pemalang, di Aula SLB Negeri 1 Pemalang Kamis, (7/12/2023).

Dalam sesi akhir sambutannya Hery Firmantio menyampaikan bahwa Pilar sosial merupakan kelompok relawan berbasis masyarakat yang berkolaborasi dengan Kementerian Sosial dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan kesejahteraan sosial.

BACA JUGA :   Tahun 2023 Pertamina Gunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri Hingga Rp 374 Triliun

Dalam melaksanakan fungsi-fungsi pelayanan kesejahteraan sosial, pilar sosial didukung erat oleh beragam kelompok yaitu SDM (Sumber Daya Manusia) pendamping PKH (Pendamping Keluarga Harapan), TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan), PSM (Pekerja Sosial Masyarakat) dan Pendamping Sosial.

“Setiap pilar sosial memiliki peran khusus yang berkontribusi pada berbagai aspek kesejahteraan masyarakat,” pungkas Hery Firmantio.

(Eko B Art)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *