Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor Sosialisasikan Peran dan Fungsi Komite Sekolah

Cibinong, haluanpublik.com – Demi terwujudnya Bogor Cerdas dan Berkeadaban serta dapat meningkatan RLS (Rata-Rata Lama Sekolah) dan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Kabupaten Bogor. Dewan Pendidikan bertekad untuk terus memperbaiki kualitas pendidikan.

Seperti acara yang di laksanakan di SMP Negeri 1 Cibinong, Bogor ,kegiatan yang digagas Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor yaitu “Peningkatan Percepatan Rata-rata Lama sekolah dan Penguatan Peran dan Fungsi Komite Sekolah Serta Pembentukan Forum Komite Sekolah Kecamatan”, Kamis 18 Januari 2024.

Dewan Pendidikan melaksanakan kegiatan ini untuk mensinergikan segenap potensi pemangku kepentingan Pendidikan dalam hal strategi dan formulasi bagaimana pencapaian peningkatan angka RLS yang saat ini faktanya Capaian RLS Kabupaten Bogor baru diangka 8,34 bisa mengejar Capaian standart minimal Nasional diangka 8,54 .

Serta mensosialisasikan Peran dan Fungsi Komite Sekolah dan Pembentukan Forum Komite Sekolah di 4 Kecamatan sebagai mitra strategis Dewan Pendidikan dan Manajemen Sekolah agar mampu bersinergi mencari solusi Bersama dalam menghadapi problematika dunia Pendidikan yang semakin kompleks di manajemen sekolah masing-masing.

Pada kesempatan inipun Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor, Drs.HM.Takiyuddin Basri, menyampaikan bahwa , “efektifitas peningkatan capaian RLS dibutuhkan kesadaran kolektif dan kerja bersama antar pemangku kepentingan di Kabupaten Bogor, dan mengenai peran dan fungsi Komite Sekolah adalah mitra strategis manajemen sekolah dan Dewan Pendidikan.

BACA JUGA :   Dukung Festival Ciliwung, Gerbang Biru Ciliwung Pertamina Untuk Kembangkan Ekosistem Sungai

Di kesempatan yang sama pula, Kepala Dinas Pendidikan Drs.Bambang W.Tawekal M.Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor beserta jajarannya memiliki tanggung jawab moral untuk peningkatan RLS sebab RLS adalah wajah dan indicator capaian kualitas Indek Pembangunan Manusia bidang pendidikan, mengenai Komite Sekolah merupakan partner manajemen sekolah dalam memajukan sekolah dan mengatasi problematika sekolah bersama warga sekolah.

Adapun peserta yang hadir pada kegiatan ini Disdukcapil, Para Kasi Penkes, Komite Sekolah, PKBM, dari empat Kecamatan yakni; Cibinong, Sukaraja, Citeureuep, Babakan Madang.

(Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *